Soto Banjar Jalan Pajajaran Bogor

Soto Banjar

Soto Banjar

Salah satu hobi saya adalah berwisata kuliner. Kebetulan sekali saya sekarang tinggal di kota Bogor, salah satu kota yang memang terkenal dengan limpahan tempat wisata kuliner. Jalan Raya Pajajaran, Surya Kencana, dan daerah Air Mancur merupakan beberapa tempat kuliner terkenal di Bogor yang tak pernah sepi dikunjungi para pelanggannya. Banyak pilihan makanan yang sanggup memanjakan lidah para penggila kuliner, termasuk saya. Tujuan saya sekarang adalah sekitar Jalan Pajajaran. Bersama seorang teman, saya menyusuri jalan tersebut. Mata kami terpaku pada salah satu kedai yang memang belum pernah kami singgahi, yaitu Kedai Soto Banjar. Hmm, bagaimana ya rasanya?

Kami disambut dengan layanan ramah pelayan kedai tersebut sambil memberikan daftar menu kepada kami. Karena belum pernah mencoba makanan khas daerah Banjar, Kalimantan Selatan ini, kami memutuskan untuk memesan soto lengkap dengan nasi dan lontong. Untuk minumnya saya lebih suka teh sedangkan teman saya memesan es teh tarik. Sambil menunggu hidangan datang, kami mengambil camilan berupa kerupuk ikan dan keripik kentang pedas manis. Rasanya enak dan renyah.

Akhirnya hidangan kamipun datang. Pada saat pelayan menghidangkan Soto Banjar, secara spontan kami mencium aroma yang menguar dari soto tersebut dan berujar ‘Hmmm, baunya enak’. Kebiasaan saya sebelum makan hidangan sejenis bakso, soto, maupun sup adalah mencicipi kuahnya terlebih dahulu karena asumsi saya adalah kalau kuahnya saja sudah segar, rasanya bisa dipastikan juga enak. Isi Soto Banjar biasanya terdiri dari bihun, ayam suwir, perkedel atau kentang. Soto ini bisa dimakan dengan lontong atau ketupat, bisa juga dengan nasi, tergantung selera masing-masing. Harga yang ditawarkan untuk seporsi Soto Banjar plus nasi atau lontong adalah Rp 19.000; sedangkan jika memesan Soto Banjar tanpa nasi atau lontong harganya hanya Rp 15.000. Harganya minumannya juga bervariasi, mulai dari Rp 3.000 s.d. Rp 7.000.

Tertarik mencobanya??? Singgah saja di Soto Banjar, Jalan Pajajaran Bogor, samping Mie Yogya Pak Karso. Selamat menikmati. ^^

About chusya

Here I am the talkative person you will know. Do not judge me with my writing, these are my own opinions.
This entry was posted in Culinary Me. Bookmark the permalink.

6 Responses to Soto Banjar Jalan Pajajaran Bogor

  1. Cakra says:

    wah . .mantep neh miss.
    kira2 kapan kah miss
    mentraktir anak2nya di season untuk menikmati soto tersebut 😛

  2. Saya orang bogor, tapi blum pernah kesana..
    Haduuh,, jadi pengen nyobain… Tks Miss..

  3. chusya says:

    Yaaa Alooh ada yang komen thooo…maaaaf bgt vakum-nya luama banget…
    kapan2 yuuukkk janjian ke sana…Cakra dan Hambali… 🙂

  4. wongkamfung says:

    Duh, kalau aku komentar, dijawab kapan, ya? Jangan-jangan baru dijawab 2020 nanti. *deg-degan* 😉

    Salam persahablogan,
    @adiwkf

  5. tuty says:

    saya lahir dan besar di kalimantan timur sudah sering kali ke sana, soto banjar nya juara

  6. chusya says:

    Pak WKF: hahahaha…segitunya…ini udh dibales…. Thanks udh mampir…yukk kapan2 the genk ke soto banjar…ehehehehe…

    Tuty: waaahhh kpn yaak bs ke Kaltim…pgn euy ngerasain yg bener2 dari asalnya… 😉

Leave a comment